Karakteristik, Kelebihan & Kekurangan Bahan OXFORD ! BAHAN UNTUK JASPRAK

Bahan oxford merupakan jenis kain tekstil yang biasa digunakan untuk membuat kemeja, seragam, dan berbagai pakaian lainnya. Dilihat dari kualitasnya, bahan ini mirip dengan kain drill, yaitu kain yang halus, lembut, dan dingin.
Mengutip Kemeja dan Celana Pria oleh Rosmala Dewi (2018: 36), tekstur bahan oxford cenderung rata dan memiliki tampilan seperti titik-titik menyerupai pixel dalam resolusi gambar. Karena teksturnya ini, pakaian yang dibuat dari bahan oxford tetap terasa nyaman saat digunakan untuk gaya kasual maupun formal.

Karakteristik Bahan Oxford

Penamaan oxford untuk jenis kain bertekstur rata ini berasal dari nama Universitas Oxford di Inggris. Hal ini bermula karena bahan kain tersebut paling populer digunakan untuk membuat kemeja putih klasik yang biasa dipakai di lingkungan universitas.
Pada perkembangannya, bahan oxford bukan hanya dipakai untuk kemeja, tapi juga jenis pakaian lain, seperti rok, piyama, gaun, hingga pakaian khusus olahraga.
Supaya tidak salah memilih bahan oxford yang tepat, ada baiknya mengetahui karakteristik kain yang satu ini. Mengutip Home Quicks, beberapa karakteristik bahan oxford, di antaranya:
 
1. Memiliki serat yang rapat, halus, dan lentur.
2. Memiliki tekstur yang rata dengan jalinan benang yang tampak seperti titik-titik menyerupai pixel dalam resolusi gambar.
3. Memiliki bobot yang ringan dan tidak menerawang.
4. Mudah menyerap keringat dan air.
5. Bahannya yang tidak terlalu tebal memiliki sirkulasi udara yang cukup baik sehingga membuat pori-pori kulit yang tertutup dapat      bernapas.
6. Bersifat awet, tahan lama, kuat, dan tidak mudah melar.
7. Tidak mudah rusak, tekstur bahannya akan menjadi lebih lembut setiap kali dicuci.
8. Secara alami tahan terhadap kerutan atau tidak mudah kusut.
9. Mudah kering setelah dicuci.
10. Memiliki ketahanan yang baik terhadap bahan kimia.
11. Dapat dicuci dengan mesin suci, mudah dirawat, dan cenderung mempertahankan bentuknya.

Kualitas Bahan kain Oxford

Kain oxford memiliki kualitas bahan yang cukup baik ketimbang jenis kain drill lainnya. Selain itu bahannya yang tipis serta lembut membuat bahan oxford banyak digunakan dalam pembuatan seragam sekolah ataupun kemeja. Nah berikut ini akan kami jelaskan beberapa kelebihan serta kekurangan dari jenis kain ini 

Kelebihan Kain Oxford

  • Tekstur bahannya halus dan lembut
  • Cocok digunakan pada negara beriklim tropis
  • Tidak tipis dan menerawang
  • Harga cukup murah dan terjangkau
  • Warna bahan kain tersedia dalam berbagai jenis warna

Kekurangan Kain Oxford

  • Bahan mudah kusut
  • Serat kain mudah kaku dan rentan robek bila terkena detergen berlebihan
  • Tidak cocok untuk bordir karena bahannya tipis.

Nah, setelah mengetahui ciri khas, kelebihan serta kekurangan dari bahan kain oxford saatnya menentukan tempat bikin kemeja yang pas buat kamu. Bagi kamu yang ingin membuat kemeja dan seragam dengan desain sendiri bisa kunjungi Hexagon ID.

Hexagon ID telah berpengalaman dalam membuat berbagai macam produk kemeja seperti kemeja korsa, PDH (Pakaian Dinas Harian), PDL (Pakaian Dinas Lapangan)kemeja casualseragam sekolah dan masih banyak lagi.

HEXAGON ID KONVEKSI

Gedangan Rt 48 / Rw 25, Sentolo, Kulon Progo, DIY

Telepon : (0274) 7722 891

WA : 081377702653

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *